Refleksi Tahun 2013

Satu tahun berlalu lagi, satu tahun perjalanan dalam hidup telah dilewati sekali lagi. Bagiku tahun 2013 adalah tahun dimana terjadi banyak perubahan dalam hidup ini. Tahun 2013 aku lulus dari universitas, menyelesaikan pelayanan di kampus, mendapatkan kerja, dan 'kehilangan' teman-teman dekat. Perasaan sedih bercampur haru jika melihat bagaimana tahun 2013 telah dilewati. Sedih karena walaupun aku mencapai hal-hal yang kuinginkan seperti target untuk lulus di universitas dengan nilai yang baik dan bekerja di perusahaan yang baik, aku kehilangan banyak hal. Setengah tahun 2013 diisi oleh kekuatiran, ketidakpuasan, kebingungan, dan hal-hal membuat aku merasa menjadi orang yang gagal. Tetapi jika melihat bagaimana Tuhan lagi dan lagi memberi kesempatan untuk aku berubah, bangkit dari keterpurukan, betapa bersyukur karena Tuhan tidak meninggalkanku. Tahun 2013 membuatku merasa seperti Musa, ketika aku memperoleh semua kesuksesan yang aku targetkan, merasa dapat memiliki dunia, tiba-tiba kesulitan hidup datang yang membuat diri ini merasa menjadi orang yang paling tidak berguna, paling bodoh, dan gagal. Tahun 2013 ini membuatku menyadari bahwa aku hanyalah debu. Pelajaran di tahun 2013 adalah di atas semuanya yang ada di dunia ini, gemerlap dunia ini, kesuksesan dunia ini, jika aku tidak jalan bersama Tuhan, tidak tahu jalan mana jalan Tuhan, semuanya sia-sia, kosong, tidak berarti. Tahun 2013 ditutup dengan mungkin apa yang disebut kegagalan, tapi kegagalan yang membawa harapan. Selamat tahun baru 2014.

Comments

Popular Posts